Karakteristik Mata Pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Karakteristik Mata Pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)

Karakteristik mata pelajaran IPS berbeda dengan disiplin ilmu lain yang bersifat monolitik. IPS merupakan integrasi dari berbagai disiplin ilmu-ilmu sosial, seperrti sosiologi, sejarah, ekonomi, politik, hukum dan budaya. Rumusan IPS berdasarkan realitas dan  fenomena sosial mmelalui pendekatan interdisipliner.
Mata pelajaran IPS memiliki beberapa karakteristik antara lain:

1. Ilmu pengetahuan sosial merupakan gabungan dari unsur-unsur geografi, sejarrah, ekonomi, hukum dan politik, sosiologgi, bahkan juga bidang humaniora, pendidikan dan agama.
2.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS berasal dari struktur keilmuan geografi, sejarah, ekonomi dan sosiologi yang dikemas sedemikian rupa sehingga menjadi pokok bahasan atau topik (tema) tertentu.
3.Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar IPS juga menyangkut berbagai masalah sosial yang dirumuskan dengan pendekatan interdisipliner dan multidisipliner.
4.Standar kompetensi dan kompetensi dasar dapat menyangkut peristiwa dan perubahan kehidupan masyarakat dengan prinsip sebab akibat, kewilayaan, adaptasi dan pengelolaan lingkungan, struktur, proses dan masalah sosial serta upaya-upaya perjuangan hidup agar survive seperti pemenuhan kebutuhan, kekuasaan, keadilan dan jaminan keamanan.

Karakteristik Mata Pelajaran IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ROBINN

0 komentar:

Posting Komentar