PTK BAGI GURU

PTK BAGI GURU

Salah satu peran penting pendidikan adalah dapat dijadikan suatu dasar dari suatu pertumbuhan bangsa, baik itu dalam pertumbuhan, sains dan teknologi serta dapat menekan dan mengurangi kemiskinan dan ketimpangan pendapatan dan mampu mengadakan peningkatan kualitas peradaban manusia pada umumnya. Pendidikan banyak yang dihadapkan atau diperoleh dari proses belajar secara formal di lembaga-lembaga pendidikan. Jadi, melalui pendidikanlah sebenarnya “problem” kehidupan umat itu sebenarnya diawali, dan tinggi rendahnya SDM yang dimiliki bangsa ini sebenarnya tergantung bagaimana suatu pendidikan itu berlangsung.
Sebab tinggi rendahnya kualitas SDM antara lain ditandai dengan adanya unsur kretifitas dan produktifitas yang direalisasikan dengan hasil kerja atau kinerja yang baik secara perorangan atau kelompok. Permasalahan ini dapat di atasi apabila SDM mampu menampilkan hasil kerja produktif secara rasional dan memiliki pengetahuan, ketrampilan, dan kemampuan pada umumnya dapat diperoleh melalui pendidikan. Dengan demikian, pendidikan merupakan salah satu solusi untuk meningkatkan kualitas SDM.
Memperhatikan pentingnya pendidikan bagi peningkatan SDM, pendidikan merupakan salah satu program yang dapat menyiapkan dan merekayasakan arah perkembangan masyarakat masa depan, maka berbagai upaya yang telah dilakukan pemerintah yaitu dengan mengadakan diklat Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG) yang salah satu materinya mengajarkan PTK bagi guu. Semua ini dilakukan untuk mewujudkan kualitas SDM serta mempersiapkan generasi-generasi yang siap menghadapi globalisasi yang pesat.
Dengan kemampuan melakukan PTK, guru dihadapkan mampu bersaing dalam era globalisasi dengan mementingkan visi, efisiensi, dan kreatifitas dan pandangan yang kritikal. Melalui kemampuan melakukan Penenlitian Pendidikan, guru dapat mengembangkan dan menemukan berbagai permasalahan yang dihadapinya. Lebih dari itu, melalui diklat guru dapat di didik dan dilatih sebagai bangsa global yang berdasarkan gagasan pendidikan. Pendidikan Islam harus selaras dengan paradigm yang sesuai dengan perkembangan globalisasi yang pesat.
Selain manfaat PTK mampu mendongkrak kualitas bagi guru yang berwawasan global tersebut, PTK bagi guru dalam pengajaran diyakini dapat mengembangan berbagai macam kebutuhan yang sangat diperlukan dalam proses belajar mengajar. Dengan skill penelitian, guru dapat mngembangkan kemampuan berpikir, kreatif, dan kemampuan memecahkan masalah. Untuk bisa memiliki kemampuan tersebut seorang guru harus memiliki kemampuan menliti terkait pekerjaannya sebagai pengajar dan pendidik. Yaitu dengan kemampuan melakukan Penelitian Tindakan Kelas (PTK).

PTK BAGI GURU Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ROBINN

0 komentar:

Posting Komentar