Strategi Pembelajaran STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD)

a.      Pengertian
Student Team Achievement Divisions (STAD) merupakan tipe pembelajaran kooperatif yang paling sederhana dimana peserta didik ditempatkan dalam tim belajar beranggotakan empat orang yang merupakan campuran menurut tingkat kinerja, jenis kelamin dan suku. Guru menyajikan pelajaran kemudian peserta didik bekerja dalam tim untuk memastikan bahwa seluruh anggota tim telah menguasai pelajaran tersebut. Akhirnya, seluruh peserta didik dikenai kuis tentang materi itu dimana pada saat kuis mereka tidak boleh saling membantu.
Keunggulan dari strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) Adalah adanya kerja sama dalam kelompok dan dalam menentukan keberhasilan kelompok tergantung keberhasilan individu, sehingga setiap anggota kelompok tidak bisa menggantungkan pada anggota yang lain. Pembelajaran kooperatif tipe Student Team Achievement Divisions (STAD) menekankan pada aktivitas dan interaksi diantara peserta didik untuk saling memotivasi dan saling membantu dalam menguasai materi pelajaran guna mencapai prestasi yang maksimal.

b.      Cirri-ciri Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD)
Strategi pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) mempunyai cirri-ciri, sebagai berikut:
1.      Peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok yang heterogen terdiri 4-5 orang anggota
2.      Memberikan informasi akademik sederhan kepada peserta didik
3.      Dalam prosesnya terjadi kerja kelompok dan kerja sama
4.      Adanya kuis yang dikerjakan oleh setiap peserta didik setelah belajar dalam kelompok
5.      Pemilihan topik pelajaran biasanya dilakukan oleh guru
6.      Adanya penyajian materi dalam kelas
7.      Tugas utama peserta didik menggunakan lembar kegiatan dan saling membantu untuk menuntaskan materi belajarnya
8.      Terdapat penilaian yang berupa tes mingguan

c.       Tujuan Pembelajaran
Tujuan pembelajaran dengan Student Team Achievement Divisions (STAD) adalah sebagai berikut:
Ø  Peserta didik dapat meningkatkan kecakapan secara individu dalam memahami materi
Ø  Meberikan kesempatan kepada peserta didik untuk meningkatkan kerja sama dan kecakapan dalam kelompok
Ø  Untuk meningkatkan komitmen peserta didik dalam melakukan kerja sama dalam kelompok
Ø  Untuk menyelesaikan persoalan dengan yang dihadapi peserta didik menjadi lebih mudah dan menyenangkan
Melatih keaktifan, kreatifitas dan kemandirian peserta didik dalam menyelesaikan persoalan secara kelompok

Strategi Pembelajaran STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ROBINN

0 komentar:

Posting Komentar