TUJUAN DAN MANFAAT PTK

TUJUAN DAN MANFAAT PTK


PTK dapat disebut sebagai bagian dari penelitian tindakan (action research), sebab riset tindakan biasanya mencari relasi antara teori pendidikan dengan praktik pendidikan sehari-hari. Riset diintegrasikan dengan setting pendidikan yang nyata sehingga dapat langsung mempengaruhi dan mengembangkan praktik pendidikan (Kemmis, 1997:173).
Oleh sebab itu, sekarang PTK dirasakan sangat bermanfaat bagi guru madrasah dan sekolah. Gejala ini dapat dilihat dari antusias dan geliat para guru di Indonesia untuk mendalami dan mengkaji jenis penelitian ini. Acara-acara seminar, workshop, dan lokakarya yang digelar di beberapa tempat untuk mensosialisasikan PTK pun dicari dan diikuti mereka.
Kontibusi dan manfaat PTK bagi guru sebagai kunci keberhasilan bagi pendidikan, dapat dilihat dari treatment secara terbatas dapat atau mungkin diberikannya secara langsung dalam praktik pendidikan. Dalam hal ini, jika guru mau dan mampu melaksanakan PTK, ia secara otomatis telah melakukan inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum di tingkat sekolah dan di tingkat kelas, serta peningkatan profesionalismennya.
Selain itu, dengan PTK guru mampu melakukan beberapa tindakan seperti berikut:
a.       Memperbaiki praktik pembelajaran untuk meningkatkan atau memperbaiki layanan pendidikan
b.      Jika tujuan pertama tercapai hasilnya, maka ada tujuan penyerta berupa terjadinya proses latihan dalam jabatan selama proses pelatihan tindakan kelas berlangsung
c.       Pengembangan ketrampilan guru berdasarkan persoalan-persoalan pembelajaran yang dihadapi guru di kelasnya sendiri. (Suroso, 2009)
Semua penjelasan diatas adalah beberapa manfaat dari PTK, sedangkan tujuan PTK itu sendiri pada dasrnya adalah untuk memperbaiki berbagai persoalan nyata dan praktis dalam peningkatan mutu pembelajaran di kelas yang dialaminya langsung.

Secara lebih rinci, tujuan PTK antara lain:
1.   Meningkatkan mutu isi, masukan, proses, serta hasil pendidikan dan pembelajaran di sekolah
2.     Membantu guru dan tenaga kependidikan lainnya dalam mengatasi masalah pembelajaran dan pendidikan di dalam dan luar kelas
3.      Meningkatkan sikap professional pendidik dan tenaga kependidikan
4.   Menumbuhkembangkan budaya akademik di lingkungan sekolah sehingga tercipta sikap proaktif di dalam melakukan perbaikan mutu pendidikan dan pembelajaran secara berkelanjutan (sustainable).

TUJUAN DAN MANFAAT PTK Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ROBINN

0 komentar:

Posting Komentar