Asal-usul Terjadinya Candi Perambanan

                          

Pada zaman dahulu, berdirilah sebuah kerajaan di Pengging. Sang raja mempunyai seorang putera. Nama puteranya itu Bandung Bondowoso. Bandung Bondowoso adalah seorang pemuda yang gagah dan sakti.
Di Prambanan juga berdiri sebuah kerajaan. Rajanya bernama Ratu Boko. Ratu Boko mempunyai seorang puteri yang sangat cantik. Nama puteri itu Roro Jonggrang.
Kerajaan Pengging dan Prambanan bermusuhan. Terjadi peperangan hebat antara kedua kerajaan itu. Awalnya Kerajaan Pengging kalah. Bandung Bondowoso maju ke medan perang. Pengging dapat mengalahkan Prambanan. Bandung Bondowoso Berhasil membunuh Prabu Boko.
Saat masuk istana Prambanan, Bandung Bondowoso melihat Roro Jonggrang. Bandung Bondowoso langsung jatuh cinta. Bandung Bondowoso ingin memperistri Roro Jonggrang. Namun, Roro Jonggrang tidak mau diperistri. Ia tidak mau diperistri oleh pembunuh ayahnya.
Bandung Bondowoso terus memaksa. Akhirnya, Roro Jonggrang mau diperistri dengan satu syarat. Ia minta dibuatkan seribu candi dan dua sumur yang sangat dalam satu malam. Bandung Bondowoso menyanggupi syarat itu.
Bandung Bondowoso minta bantuan makhluk-makhluk halus untuk membangun seribu candi. Mereka segera bekerja keras setelah matahari terbenam. Dengan cepat berdirilah candi-candi yang megah.
Pada tengah malam, tinggal satu candi yang belum berdiri. Roro Jonggrang terkejut melihat hal tersebut. Ia mencari akal untuk menggagalkan usaha Bandung Bondowoso. Roro Jonggrang membangunkan gadis-gadis desa. Mereka disuruh menumbuk padi sambil memukul-mukul lesung. Maka ayam jantan pun berkokok bersahut-sahutan. Mendengar ayam jantan berkokok, makhluk-makhluk halus segera menghentikan pekerjaannya. Mereka menyangka sebentar lagi matahari akan terbit. Gagallah Bandung Bondowoso mendirikan seribu candi.

Bandung Bondowoso sangat marah karena ditipu oleh Roro Jonggrang. Dikutuklah Roro Jonggrang menjadi arca batu. Jadilah Roro Jongrang arca besar di candi Prambanan. Candi Prambanan sering juga disebut candi Roro Jonggrang.

Asal-usul Terjadinya Candi Perambanan Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ROBINN

0 komentar:

Posting Komentar