PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN YANG BERCORAK HINDU-BUDDHA DI BERBAGAI DAERAH


Sejarah kerajaan yang bercorak Hindu maupun Buddha, dapat diketahui dari peninggalan-peninggalan yang ada, yang merupakan bukti nyata adanya sejarah masa lalu. Peninggalan-peninggalan tersebut sangat berharga, karena hanya dari peninggalan itu kita semua dapat mempelajari apa yang sebenarnya terjadi, kapan, di mana, siapa yang berkuasa waktu itu, dan sebagainya.
Peninggalan sejarah dapat berupa batu bertulis, patung, candi, rontal, kitab, dan sebagainya.
Peninggalan sejarah berupa prasasti
- Yupa (batu bertulis) peninggalan Kerajaan Kutai.
- Tujuh prasasti peninggalan Kerajaan Tarumanegara, 5 ditemukan di Bogor, 1 di Cilincing, dan 1 di Lebak Banten, yaitu Prasasti Ciaruteun, Prasasti Kebon Kopi, Prasasti Jambu, Prasasti Tugu, Prasasti Pasir Awi dan Muara Ciaten, dan Prasasti Lebak.
- Prasasti Canggal (732 M), Prasasti Kalasan (778 M), Prasasti Karangtengah (824 M), Prasasti Argapura (963 M), merupakan sumber sejarah yang mengungkapkan keberadaan Kerajaan Mataram Kuno.
- Prasasti Anjuk Ladang berangka tahun 937 M, sumber sejarah yang mengungkapkan keberadaan Mpu Sindok (raja pertama Medang dan pendiri Dinasti Isyana).
- Prasasti-prasasti sebagai sumber sejarah Kerajaan Sriwijaya di Sumatera, berangka tahun 684-775M, antara lain Prasasti Kedukan Bukit, Prasasti Talang Tuwo, Prasasti Telaga Batu, Prasasti Kota Kapur, dan Prasasti Karang Berahi.
Beberapa prasasti peninggalan kerajaan yang bercorak Hindu-Buddha disimpan di museum dan beberapa yang lain tetap berada di tempatnya seperti saat ditemukan. Keberadaannnya di museum untuk mencegah kerusakannya.
Peninggalan sejarah berupa candi
- Candi-candi di Jawa Tengah selatan, yaitu Candi Prambanan, Candi Kalasan, Candi Sari, Candi Sewu, Candi Lumbung, Candi Plaosan, Candi Sajiwan, Candi Boko, Candi Borobudur, Candi Mendut, Candi Pawon, dan Candi Sukuh.
- Candi-candi di Jawa Tengah utara, yaitu candi-candi di Dataran Tinggi Dieng, Candi Gatutkoco, Candi Arjuno, Candi Semar, Candi Srikandi, Candi Puntadewa, Candi Sembadra, dan candi-candi yang ada di lereng Gunung Ungaran yang jumlahnya sembilan, disebut Candi Gedong Songo.
- Candi-candi di Jawa Timur, yaitu Candi Badut, Candi Kidal, Candi Jago, Candi Singosari (semuanya di daerah Malang), Candi Jawi di kaki Gunung Welirang, Candi Penataran, Candi Sawentar, Candi Naga (semuanya di daerah Blitar), Candi Rimbi di Jombang, Candi Bajang Ratu, Candi Bangkal, Candi Kendalisongo (semuanya di daerah Mojokerto).
- Candi-candi di luar Jawa, yaitu Candi Muara Takus di Riau Sumatera, kelompok Candi Gunung Tua di Tapanuli Selatan, kelompok Candi Padas di Gunung Kawi Tampaksiring Bali.
Candi-candi peninggalan kerajaan Hindu-Buddha banyak yang sudah mengalami kerusakan, baik pada saat ditemukan, maupun saat ini. Untuk tetap menjaga kelestariannya, pemerintah mengadakan pemugaran untuk memperbaiki candi-candi yang mengalami kerusakan. Candi Borobudur adalah salah satu contoh candi yang pernah diperbaiki karena mengalami kerusakan akibat ulah orang-orang yang tidak bertanggung jawab.
Peninggalan sejarah berupa kitab Masa Kerajaan Kediri
- Kitab Kakawin Bharatayudha, karya Mpu Sedah dan Mpu Panuluh
- Kitab Kakawin Hariwangsa dan Gatotkacasraya, karya Mpu Panuluh
- Kitab Smaradhana, karya Mpu Darmaja
- Kitab Lubdaka dan Kitab Wartasancaya, karya Mpu Tanakung
- Kitab Kresnayana, karya Mpu Triguna
- Kitab Arjunawiwaha, karya Mpu Kanwa
Masa Kerajaan Majapahit
- Kitab Negarakertagama, karya Mpu Prapanca
- Kitab Sutasoma, karya Mpu Tantular
- Kitab Pararaton, menceritakan raja-raja Singosari dan Majapahit
- Kitab Sundayana, menceritakan Peristiwa Bubat
- Kitab Ranggalawe, menceritakan Pemberontakan Ranggalawe
- Kitab Sorandaka, menceritakan Pemberontakan Sora
- Kitab Usana Jawa, menceritakan penaklukan Bali oleh Gajah Mada dan Arya Damar Seperti juga prasasti dan arca-arca, kitab-kitab peninggalan Kerajaan Hindu-Buddha banyak yang disimpan di museum untuk tetap menjaga kelestariannya.

PENINGGALAN-PENINGGALAN SEJARAH KERAJAAN YANG BERCORAK HINDU-BUDDHA DI BERBAGAI DAERAH Rating: 4.5 Diposkan Oleh: ROBINN

0 komentar:

Posting Komentar